Beijing (ANTARA News) - Badan pendidikan dan keuangan China berencana mempekerjakan 10.000 guru yang sudah pensiun dalam tiga tahun mendatang untuk mengajar di sekolah-sekolah dasar dan menengah pertama di wilayah pedesaan.

Gelombang pertama para guru veteran itu akan dikerahkan pada musim gugur tahun ini.

Dikutip dari Xinhua, proyek "usia perak" yang diusung oleh Kementerian Pendidikan dan Keuangan itu merekrut para mantan kepala sekolah dan guru untuk memberikan pelajaran di sekolah-sekolah di pedesaan antara 2018 dan 2020.

Dengan memusatkan perhatian pada wilayah-wilayah miskin, proyek itu ditujukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan membantu perimbangan perkembangan pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan.

Sebagian besar guru "usia perak" tersebut akan menjalankan tugas mengajar selama setidaknya satu tahun pelajaran dan mereka yang memenuhi penilaian akan didorong untuk meneruskan tugasnya.

Selain mengajar, para guru veteran itu juga bisa mengevaluasi tugas guru-guru lain, mengajar secara terbuka atau memberikan lokakarya, memberikan pengarahan serta membantu sekolah-sekolah untuk meningkatkan manajemen mereka.
(Uu.T008)
 

Pewarta: Antara
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018