Jakarta (ANTARA News) - Simak berita kemarin yang masih laik baca hari ini, di antaranya fenomena aphelion hingga petinggi Tiktok yang mengunjungi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kemarin.

Presiden sedih banyak kepala daerah ditangkap KPK

Serpong (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menyatakan kesedihannya karena banyak kepala daerah yang ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya juga sangat sedih loh. Jangan dipikir saya senang, tengah malam tahu-tahu dapat berita, pagi pagi dapat berita," kata Presiden saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Jumat.

BMKG: Fenomena "aphelion" tidak pengaruhi suhu Indonesia

Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyatakan fenomena "aphelion" tidak berpengaruh besar terhadap penurunan suhu di sejumlah wilayah di Indonesia.

"Penurunan suhu bulan Juli 2018 lebih dominan disebabkan karena dalam beberapa hari terakhir di wilayah Indonesia khususnya Jawa, Bali, NTB, dan NTT kandungan uap di atmosfer cukup sedikit," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat.

Mendikbud usulkan angkat 100 ribu guru honorer

Padang (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengatakan pihaknya akan mengusulkan mengangkat 100 ribu guru honorer menjadi pegawai negeri sipil pada 2018.

"Kami hanya dapat mengusulkan pengangkatan guru honorer sesuai dengan kuota guru yang pensiun," katanya seusai meresmikan Edotel SMK Pariwisata Aisyiyah Sumatera Barat di Padang, Jumat.

Tik Tok kunjungi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan dan tim Tik Tok mengadakan pertemuan dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk mengenal lebih jauh dari berbagai pihak yang turut mempromosikan lingkungan yang sehat dan positif bagi pengguna Internet di Indonesia.

Pertemuan ini bertujuan untuk memahami sudut pandang kementerian tentang kreativitas anak-anak di dunia digital sekaligus melindungi mereka.

“Kami menyadari bahwa Tik Tok mampu berkontribusi bagi Indonesia untuk mempromosikan pesan mendidik kepada perempuan dan anak-anak. Kami sangat bersemangat untuk bisa bekerja sama dengan Kementerian dan masyarakat Indonesia,” ujar Zhen Liu, SVP Bytedance, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat.

UI terima 3.493 mahasiswa baru melalui SIMAK

Depok (ANTARA News) - Sebanyak 370 peserta dari Vokasi (D3), 558 S1 Paralel dan 508 peserta S1 Kelas Internasional berhasil lulus Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) 2018 dan diterima sebagai mahasiswa UI.

"Mereka berhasil unggul dari 27.001 peserta SIMAK UI 2018 dari program Vokasi S1 Pararel dan Kelas Internasional yang telah dilaksanakan pada pertengahan Mei 2018," kata Kepala Humas dan KIP UI Rifelly Dewi Astuti di kampus UI Depok, Jumat.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018