Los Angeles (ANTARA News) - Gubernur California Jerry Brown pada Senin (25/6) mengumumkan keadaan darurat karena kebakaran hutan di Lake County, 190 kilometer di sebelah barat-laut Sacramento, ibu kota negara bagian tersebut.

Kebakaran itu, yang diberi nama "Pawnee Fire", berawal pada Sabtu dan menghanguskan 33,2 kilometer persegi tanpa bisa dikendalikan, demikian keterangan yang diperbarui oleh Cal Fire pada Senin pagi.

Si jago merah telah melahap 22 bangunan dan mengancam sebanyak 600 rumah lagi.

Sejauh ini sebanyak 3.000 warga diungsikan sementara tak kurang dari 230 petugas pemadam melanjutkan upaya pemadaman pada Senin, lapor Xinhua. Mereka menggunakan tujuh buldozer dan dua helikopter.

"Kebakaran telah mengakibatkan pemadaman listrik, memaksa jalan raya ditutup dan terus mengancam prasarana penting," demikian isi pengumuman darurat Brown.

Ketua Batalion Perlindungan dari Api dan Departemen Kehutanan Jonathan Cox sebagaimana dikutip oleh saluran berita lokal KCAR mengatakan "Pawnee Fire" cuma satu dari empat kebakaran besar yang mengamuk di Northern California.

"Stoll Fire", "Lane Fire" dan "Creek Fire", yang berkobar di Shasta Country dan Tehama County, telah menghanguskan lebih dari 18,2 kilometer persegi lahan.

"Ini adalah pengingat yang bagus bahwa musim kebakaran di depan kami," kata Cox.

(Uu.C003)
 

Pewarta: Chaidar Abdullah
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018