Jakarta (ANTARA News) - Tim favorit Brasil akhirnya menang 2-0 atas Kosta Rika dengan gol-gol yang tercipta di akhir pertandingan grup E putaran final Piala Dunia 2018 di St. Petersburg, Rusia, Jumat.

Dipantau melalui laman FIFA, dua gol Brasil masing-masing dicetak Phillipe Coutinho dan Neymar ketika babak kedua sudah memasuki "injury time".

Pemain depan Brasil Neymar yang sempat mengalami cedera pergelangan kaki ketika melawan Swiss, kembali menjadi adalan di lini depan bersama striker Manchester City Gabriel Jesus.

Brazil lebih menguasai lapangan, namun hingga 45 menit tidak satu pun gol tercipta.

Baca juga: Brazil protes FIFA atas tidak digunakannya teknologi VAR

Memasuki babak kedua tim asuhan Tite tersebut kembali menekan pertahanan Kosta Rika.

Menit ke-56 Neymar yang berdiri bebas fi kotak penalti menyambut sebuah umpan dari sayap kanan, namun bola terhadang pemain belakang Kosta Rika sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Brasil memasukkan pemain depan Liverpool Firmino untuk mengganti kan Paulinho.

Baca juga: Swiss ingin pengakuan lebih setelah imbangi Brazil

Brasil terus menekan meski sesekali Kosta Rika cukup berbahaya dalam serangan balik.

Pada menit ke-76 terjadi insiden Neymar terlihat ditarik hingga jatuh; oleh bek Kosta Rika Gonzales di kotak penalti.

Wasit Bjorn Kuiper dari Belanda setelah mengamati VAR akhirnya memutuskan tidak ada pelanggaran dan tidak ada hadiah penalti bagi Brasil.

Baca juga: Prediksi Brasil vs Kosta Rika; menanti dampak Neymar

Gol yang ditunggu-tunggu Tim Samba akhir terjadi pada menit ke-91 melalui Phillipe Coutinho yang menyambar bola liar di kotak penalti Kosta Rika.

Menjelang pertandingan berakhir, Neymar membuat skor menjadi 2-0 ketika pemain Paris St Germain itu dengan tenang menyambut umpan Douglas Costa.

Brazil kini mengantongi nilai empat hasil dari sekali menang dan sekali seri. Selanjutnya Brazil akan menghadapi Serbia.

Susunan pemain:

Brazil -
Allison, Joao Miranda, Fagner, Tiago Silva, Paulinho/Firmino, Marcelo, Coutinho, Casemiro, Willian/Douglas Costa, Neymar, Gabriel Jesus/Fernandinho 92.

Kosta Rika - Navas, Oviedo, Gamboa, Duarte, Acosta, Gonzales, Borges, Guzman/Tejeda 82, Venegas, Ruiz, Urena.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018