Tabanan (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan, Bali mulai menyiapkan logistik, dan sarana pendukung lainnya sebagai persiapan menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepada daerah (Pilkada) Bali 27 Juni 2018.

"Persiapan tersebut antara lain telah memasukkan surat suara ke dalam kotak suara sebelum dikirim ke tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing," kata Komisioner KPU Kabupaten Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa, Kamis.

Ia mengatakan, persiapan tersebut dilakukan di lapangan tenis Alit Saputra Tabanan yang dapat dilakukan dengan baik dan lancar.

Hal itu bertujuan ketika proses pengecekan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bisa lebih mudah, ujar I Putu Gede Weda Subawa.

Pihaknya menyiapkan 835 kotak suara yang tersebar di beberapa lokasi seperti, 780 kotak suara di tempat pemungutan suara (TPS), 30 buah untuk PPK, satu kotak suara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), 21 kotak suara untuk rumah sakit, puskesmas rawat inap, polsek dan polres, serta tiga buah di kantor KPU Tabanan.

Dalam satu kotak suara yang disebar ke TPS dan tempat pemilihan lain seperti rumah sakit, Lapas dan polsek berisi surat suara, tinta, segel, alat dan alas coblos, karet, sampul kerta, formulir model C, C1, C1 plano, C2, C3, C4 dan C5.

"Selain itu juga berisi kantong plastik besar dan alat bantu tuna netra," ujarnya.

Petugas PPK akan melakukan pengecekan terhadap logistik yang sudah dimasukkan dalam kotak suara, selama empat hari, 22 Juni hingga 25 Juni 2018.

Setelah itu seluruh kota suara dan logistiknya dikirim secara serentak ke masing-masing TPS pada tanggal 26 Juni 2018, ujar Putu Gede Weda Subawa.

Pewarta: Gembong Ismadi/Pande Yudha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018