Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan mendapat perintah dari Presiden Jokowi agar segera membantu penerima Program Keluarga Sejahtera (PKH) yang menjadi korban kebakaran di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

"Kami langsung terjun ke lapangan dan mengunjungi keluarga korban kebakaran di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, dan  menyerahkan sejumlah bantuan sosial," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Bantuan yang diserahkan meliputi bantuan kebutuhan dasar seperti tenda keluarga, tenda gulung, matras, paket permakanan, paket sandang, beras, pakaian anak dan dewasa, pakaian sekolah anak, alat rumah tangga, velbed, serta peralatan makan.

Selain itu Mensos juga menyerahkan bantuan pembangunan rumah dari Kementerian Sosial berupa uang tunai Rp15 juta. 

"Karena keluarga korban merupakan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) maka kedatangan saya kali ini sekaligus juga membawakan buku tabungan yang baru karena yang lama terbakar. Dengan demikian korban kebakaran bisa mencairkan kembali bansos PKH," katanya. 

Penyerahan  disampaikan langsung di lokasi kebakaran oleh Mensos pada saat kunjungan kerja didampingi kepala dinas sosial setempat bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat. 

"Dalam susana duka seperti ini, sebagaimana yang senantiasa disampaikan Presiden Joko Widodo agar layanan dasar korban terdampak harus segera disalurkan. Ini adalah wujud Negara Hadir memberikan perlindungan sosial," kata Mensos. 

Kebakaran di Pinang terjadi pada Minggu (17/6) pukul 01.05 WITA, diduga akibat korsleting listrik. Tercatat tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018