Jakarta (ANTARA News) - Dipamerkannya trofi Piala Dunia, penampilan penyanyi Inggris Robbie Williams dan kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin menandai dimulainya gelaran Piala Dunia 2018 di Moskow, Kamis.

Tuan rumah Rusia pun memberikan tontonan yang menarik dengan merebut kemenangan dengan skor 5-0 atas Arab Saudi yang membuat pasukan Stanislav Cherchesov itu memuncaki klasemen sementara.
Pemain Rusia Alan Dzagoev dan pemain Arab Saudi Omar Hawsawi beraksi pada pertandingan perdana Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Christian Hartmann)


Kemenangan dengan skor telak itu mungkin saja tidak pernah diperkirakan pendukung Rusia karena tim berseragam merah itu belum pernah menang dalam tujuh pertandingan dalam delapan bulan belakangan.

Rusia berhasil memanfaatkan momentum hingar-bingar pembukaan Piala Dunia yang dipadati pendukung di Moskow, dengan membombardir pertahanan Arab yang rapuh berkat dua gol Denis Cheryshev dan masing-masing satu gol dari Golovin, Dzyuba dan Gazinskiy.

Baca juga: Klasemen awal Grup A usai kemenangan besar Rusia
Pemain Rusia Yury Gazinsky melakukan selebrasi setelah mencetak gol disaksikan pemain Arab Saudi Osama Hawsawi dan Abdullah Al-Mayouf pada pertandingan perdana Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Kai Pfaffenbach)


Produktivitas Rusia tentunya akan menjadi ancaman bagi dia tim lain yang akan bertanding pada Jumat, Uruguay dan Mesir. Di sisi lain, kemenangan ini membuat presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat atas keberhasilan Cherchesov.

Sayangnya, seremoni pembukaan Piala Dunia di Moskow diwarnai tindakan kontroversial Robbie Williams yang mengacungkan tari tengah ke hadapan kamera, seusai tampil di panggung bersama penyanyi soprano Rusia, Aida Garifullina.

Robbie Williams tampil di depan 80.000 orang di stadion termasuk Vladimir Putin, bos FIFA Gianni Infantino, Pangeran Arab Saudi Mohammad bin Salman, dan puluhan juta penonton televisi di seluruh dunia.

Baca juga: Robbie Williams bikin heboh, acungkan jari tengah usai pembukaan Piala Dunia
Suasana seremoni pembukaan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Kai Pfaffenbach)


Baca juga: Trofi, Putin dan Robbie Williams meriahkan seremoni pembukaan Piala Dunia
 
Mantan penjaga gawang timnas Spanyol Iker Casillas (kiri) dan model Natalia Vodianova (kanan) mempersembahkan tropi Piala Dunia sebelum seremoni pembukaan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Carl Recine)
 
Suasana seremoni pembukaan Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Carl Recine)
 
Pemain Rusia Aleksandr Samedov dan pemain Arab Saudi Abdullah Otayf beraksi pada pertandingan perdana Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Christian Hartmann) (Reuters)
 
Pemain Arab Saudi Salem Al-Dawsari dan Abdullah Otayf beraksi bersama pemain Rusia Aleksandr Samedov pada pertandingan perdana Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Maxim Shemetov)
 
Pemain Rusia Yury Gazinsky bersama rekan satu tim melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Arab Saudi pada pertandingan perdana Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, Kamis (14/6/2018). (REUTERS/Maxim Shemetov)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018