... saya yakin para pemudik akan terinspirasi bahwa ada potensi dan kekuatan baru yang perlu eksplorasi ..."
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyatakan pembangunan infrastruktur Trans Jawa akan meningkatkan potensi ekonomi di wilayah jalur Pantai Selatan (Pansela) Pulau Jawa.

"Dengan pergerakan melalui selatan, saya yakin para pemudik akan terinspirasi bahwa ada potensi dan kekuatan baru yang perlu eksplorasi untuk kepentingan ekonomi pada masa mendatang," katanya di Jakarta, Kamis.

Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu mengharapkan pemerintah daerah dan investor dapat bergerak cepat menggarap potensi lokal untuk dijadikan pusat perekonomian baru yang berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah itu.

Menurut Moeldoko, pembangunan jalur Pansela Pulau Jawa tidak hanya sebatas untuk mengurangi kepadatan lintas utara dan tengah, namun juga bertujuan untuk membuka akses pemerataan ekonomi di jalur selatan.

Baca juga: Pemerintah targetkan pembangunan jalan Pansela 1.600 km

Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Pusat tersebut menuturkan banyak potensi lokal mulai dari sumber daya alam hingga kekayaan budaya yang bisa menjadi pemantik pembangunan ekonomi masyarakat pada jangka menengah dan panjang.

Adapun pembangunan pusat perekonomian tersebut, dinilainya, akan didukung berbagai sektor, seperti ekonomi pertanian, ekonomi industri, ekonomi kreatif, pariwisata hingga usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Dari sisi pertanian, Moeldoko menyatakan, keberadaan jalur Pansela Pulau Jawa juga akan mempermudah akses distribusi hasil panen, sehingga membuka peluang bagi pasar besar untuk mengambil langsung kepada para petani.

Di sektor industri, diharapkannya, akan muncul pabrik baik skala besar maupun menengah di kawasan tersebut, sehingga dapat menyerap tenaga kerja.

Dari sisi ekonomi kreatif, Pansela Pulau Jawa akan juga dapat memancing masyarakat untuk menghasilkan kerajinan lokal yang memiliki nilai ekonomis., dan dari sisi pariwisata dapat memberikan pendapatan bagi daerah, serta menggeliatkan UMKM dan industri rumahan, demikian Moeldoko.

Baca juga: Waskita optimalkan Trans Jawa untuk jalur mudik

Baca juga: Yogyakarta optimalkan pemanfaatan kawasan pantai selatan

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018