Bogor (ANTARA News) - Rektor IPB Dr Arif Satria menyatakan siap mendukung Kementerian BUMN dalam program Membina Ekonomi Keluarga Sejaktera (Mekaar) dengan membangun kapasitas tenaga Account Officer atau AO Mekaar.

"Kita (IPB) akan membangu untuk membangun kapaistas para AO," kata Arif usai mendampingi Menteri BUMN dalam kegiatan pembekalan 1.000 agen AO Mekaar di Kampus IPB Dermaga, Bogor, Jawa Barat, Minggu.

Menurut Arif, peningkatan kapasita agen AO dibutuhkan, karena selama ini yang berhubungan langsung dengan nasabah, di mana para nasabah itu banyak yang bergerak di usaha mikro di bidang pertanian maupun produk turunannya yakni pengolahan.

"IPB siap mendampingi mereka dalam arti meningkatkan kapasitas para AO untuk bisa melakukan pelayanan lebih baik lagi, karena mereka sudah diberi keahlian," katanya.

Pendampingan ini akan dilaksanakan pada saat kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) termatik mahasiswa IPB yang berlangsung Juli tahun ini.

Selain itu, program kolaborasi berikutnya antara IPB dan Kementerian BUMN yakni pendidikan vokasi bagi agen AO.

"Inshaa Allah, akan ada beasiswa bagi agen AO dari BUMN untuk masuk IPB khususnya sekolah vokasi," kata Arif.

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini M Soemarno dalam kegiatan pembekalan 1.000 AO Mekaar, mengatakan akan menggandeng IPB dan perguruan tinggi lainnya dalam program pendidikan untuk mengembangkan kapasitas tenaga AO Mekaar. Khusus di wilayah Jawa Barat jumlah agen AO sebanyak 4 ribu orang, secara nasional ditargetkan ada 30 ribu AO Mekaar.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018