Kiev, Ukraina (ANTARA News) - Wartawan Rusia Arkadiy Babchenko, yang bekerja buat stasiun televisi Ukraina, ATR, tewas di Ibu Kota Ukraina, Kiev, pada Selasa (29/5), demikian keterangan Pemerintah Ukraina.

Anggota Parlemen Ukraina Anton Geraschchenko menulis di Facebook bahwa Babchenko ditembak di punggung di tangga rumahnya dan meninggal di dalam ambulans dalam perjalanan ke rumah sakit.

Kepala Polisi Kiev Andriy Kryschennko, sebagaimana dilaporkan Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi, mengatakan kepada media setempat bahwa kegiatan provesional Babchenko sebagai wartawan akan dikaji dalam penyelidikan untuk mengetahui motif pembunuhan itu.

Babchenko (41) telah bekerja sebagai koresponden perang di Moskovsky Komsomolets dan beberapa media lain yang berpusat di Moskow.

Ia pindah dari Moskow ke Ibu Kota Republik Ceko, Praha, pada Februari 2017, dengan alasan ancaman yang tidak ia jelaskan. Pada Agustus 2017, Babchenko ke Kiev.

Babchenko dikenal sebagai penulis beberapa buku dengan tema militer, dan telah diterjemahkan ke dalam 16 bahasa.

Pembunuhan Babchenko menandai pembunuhan kedua wartawan yang terkenal di Kiev dalam waktu kurang dari dua tahun.

Pada Juli 2016, Pavel Sheremet --yang bekerja untuk harian investigasi daring Ukrainske Pravda-- tewas dalam satu ledakan mobil di pusat Ibu Kota Ukraina, Kiev.

Baca juga: Wartawan foto Rusia yang hilang di Ukraina ditemukan tewas

Pewarta: Chaidar Abdullah
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018