Kendari (ANTARA News) - PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara, menyiapkan 26 armada kapal secara nasional untuk melayani angkutan lebaran tahun 2018, di 91 pelabuhan.

Dari 26 armada kapal dengan trayek Nusantara tersebut, 10 armada kapal di antaranya menyinggahi pelabuhan Murhum Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk melayani angkutan lebaran tahun ini.

Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Ahmad Sadikin melalui pesan WhatsApp yang di terima di Kendari, Minggu mengungkapkan, adapun 10 kapal yang disiapakan tersebut diantaranya, KM. Sinabung, KM. Dorolonda, KM. Dobonsolo, KM. Lambelu, KM Tatamailau, KM. Leuser, KM. Ngapulu, dan KM Tilong Kabila.

Menurut Akhmad Sadikin, semua kapal dengan rute regular itu, dipastikan telah siap melayani angkutan mudik dan balik lebaran tahun ini.

"Kapal kami sudah diuji petik, dan alhamdulillah kapal kondisi siap semua, dengan jumlah alat keselamatan yang memenuhi persyaratan yang sudah diizinkan," ungkap Ahmad Sadikin.

Lebih lanjut Akhmad menjelaskan, dalam angkutan lebaran tahun ini, pemerintah melalui PT Pelni juga memberikan dispensasi penambahan jumlah penumpang, agar pemudik bisa lebih banyak diangkut, namun tanpa mengabaikan faktor keselamatan dan kenyamanan.

"Dengan adanya dispensasi itu, maka nanti pelayanan kita bisa maksimalkan untuk masyarakat, khususnya di Baubau ini," katanya

Ia juga menghimbau, demi kelancaran dan kenyamanan arus mudik dan balik lebaran, bagi calon penumpang Pelni agar membeli tiket jauh hari sebelum waktu pemberangkatan.?

Disamping itu, pihaknya menegaskan jika ditemukan penumpang kapal tidak memiliki tiket, maka terpaksa akan diturunkan dari atas kapal, tuturnya.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018