Indonesia sendiri terus menjalin hubungan yang baik dengan negara-negara tetangga ..."
Jayapura (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Ryamizar Ryacudu mengatakan, Australia bukan menjadi ancaman bagi Indonesia demikian pula sebaliknya Indonesia bukan menjadi ancaman bagi Australia.

"Indonesia sendiri terus menjalin hubungan yang baik dengan negara-negara tetangga sehingga berbagai permasalahan yang muncul diselesaikan secara damai, tanpa menimbulkan konflik, seperti yang terjadi dilaut Cina Selatan," katanya saat memberikan pengarahan kepada para perwira TNI dan Polri di Jayapura.

Untuk memastikan Indonesia bukan ancaman bagi Australia, maka Kementrian Pertahanan sudah mengirimkan buku putih sehingga diharapkan Australia memahami Indonesia.

Menyikapi masalah teroris dan pemberontakan, Menhan meminta agar TNI dan Polri tetap solid sehingga, seperti halnya yang terjadi di Papua.

Ryamizard menyatakan, kebersamaan TNI dan Polri di Papua hendaknya dapat menjadi contoh bagi komando daerah militer (kodam) lainnya, sehingga sekembalinya dari kunjungan kerjanya ini akan melaporkan ke Presiden agar tidak perlu ragu tentang masalah keamanan di Papua.

Teroris tidak akan hidup bila TNI dan Polri bersama rakyat solid dan menjalin komunikasi yang nantinya dapat menghambat peredaran faham radikalisme dan perang di dunia siber (cyber war), ujar mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu.

Oleh karena itu, ia menegaskan, Kemenhan akan berupaya secara bertahap memenuhi berbagai alat utama sistem persenjataan (alusista), termasuk memesan berbagai peralatan penunjang dari PT PINDAD (Persero), yang produknya sudah diakui negara lain.

Acara Menhan di Papua itu dihadiri juga Pangdam Kasuari Mayjen TNI Joppie Ones Wayangkau dan Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018