Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al Jubeir di sela-sela Pertemuan Para Menlu Kelompok 20 Negara (Group 20/G20) di Buenos Aires, Argentina.

Dalam pertemuan dengan Menlu Arab Saudi, Menlu Retno membahas upaya untuk meningkatkan pelayanan bagi jemaah Haji Indonesia, demikian keterangan pers Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Selasa.

Selanjutnya, kedua Menlu juga membahas perkembangan situasi di Palestina, khususnya pascapemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dari Tel Aviv ke Yerusalem, yang meningkatkan ketegangan antara Palestina dan Israel.

Terkait hal itu, Menlu RI kembali menekankan pentingnya bagi negara anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) untuk mendudukng upaya kemerdekaan Palestina.

Retno Marsudi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Arab Saudi kepada Indonesia untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) periode 2019--2020.

Selain itu, Menlu Retno pun menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia untuk terus berkontribusi dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia.

Selain bertemu dengan Menlu Arab Saudi, Menlu RI di sela-sela pertemuan G20 hari kedua itu juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Menlu Australia Julie Bishop, Menlu Jepang Taro Kono dan Menlu Inggris Boris Johnson.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2018