Chicago (ANTARA News) - Satu undang-undang baru di negara bagian Oklahoma, Amerika Serikat, mengizinkan jemaat gereja menggunakan senjata untuk merespon ancaman kekerasan, tanpa perlu khawatir mereka akan mendapat hukuman pidana atau perdata.

Gubernur Oklahoma, Mary Fallin, mengesahkan RUU itu menjadi UU pada Senin, yang memperluas perlindungan pertahanan diri untuk tempat ibadah.

Perlindungan tersebut sebelumnya berlaku untuk properti privasi, pemilik rumah, sebagai contoh, untuk menembak pengacau yang mengancam tanpa harus membuktikan bahwa mereka melakukan kekerasan mematikan sebagai upaya terakhir.

RUU itu disetujui badan legislatif Oklahoma pada April, dengan hanya satu orang Demokrat yang menolak langkah tersebut di Senat.

UU tersebut melarang gugatan hukum atau tuntutan pidana terhadap siapa pun yang menembak sebagai pertahanan diri di dalam gereja atau tempat ibadah lainnya.

Langkah serupa telah diperkenalkan di beberapa negara bagian lain dengan berbagai tingkat keberhasilan, menyusul penembakan di sebuah gereja di Texas pada 2017.

Dalam salah satu penembakan massal terburuk dalam sejarah AS, pria bersenjata Devin Patrick Kelley membunuh 26 orang dan melukai 20 lainnya di First Baptist Church di Sutherland Springs, Texas.

Dia dihadapkan oleh seorang warga bersenjata yang menembak Kelley ketika dia keluar dari gereja.

Paling tidak sembilan negara bagian telah mendukung undang-undang yang disebut “berdiri di tanah”  itu, termasuk Florida, Alabama, Kansas dan Kentucky.

Di Oklahoma, perluasan hukum "berdiri di tanah" Anda diberlakukan sebagai gubernur sedang mempertimbangkan langkah lain untuk memperluas hak-hak senjata di negara bagian.

Undang-undang "carry konstitusional" yang disetujui legislatif negara bagian pekan lalu akan memungkinkan siapa pun yang lebih tua dari 21 tahun untuk membawa senjata tanpa izin atau pelatihan.

Gubernur belum mengindikasikan apakah dia akan memveto atau menandatangani tindakan itu.

Penerjemah: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018