Bandarlampung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Divre IV Tanjungkarang telah menyiapkan 25.740 tempat duduk untuk melayani penumpang pada angkutan Lebaran 2018.

"Jumlah tempat duduk itu untuk keberangkatan dari Stasiun Tanjungkarang menuju Stasiun Kertapati, Palembang," kata Manajer Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang, Franoto Wibowo, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan, PT KAI telah siap melayani penumpang selama angkutan Lebaran yang akan berlangsung dari tanggal 5 Juni hingga 26 Juni 2018, dengan menyiapkan segala sesuatunya termasuk keamanan dan kenyamanan penumpang di atas kereta.

Ia menjelaskan, hingga saat ini jumlah tiket yang telah dipesan oleh calon penumpang untuk kereta Api Rajabasa sekitar 40 persen, sedangkan untuk KA Sriwijaya baru sekitar 15 persen.

Terkait adanya lonjakan penumpang, pihaknya juga akan tetap menyiapkan gerbong tambahan maupun kereta cadangan.

PT KAI Divre IV hingga sekarang masih menyediakan 25.740 tempat duduk untuk KA Rajabasa dan Sriwijaya selama angkutan Lebaran yang akan berlangsung selama 22 hari dari tanggal 5 hingga 26 Juni.

Mengenai kenaikan jumlah penumpang angkutan Lebaran tahun ini dibandingkan tahun lalu, Franoto mengaku belum dapat mempredisksinya, karena tahun ini PT Kereta Api Indonesia Divre IV Tanjungkarang akan mengoperasikan kereta baru yang melayani rute Baturaja-Tanjungkarang.

"Kita juga akan menggunakan kereta premium jurusan Stasiun KA Tanjungkarang menuju Baturaja atau sebaliknya, pada angkutan lebaran tahun ini," ujarnya pula.

PT KAI Divre IV juga tetap mengoperasikan KA Seminung melayani Stasiun KA Tanjungkarang-Stasiun Kotabumi, untuk angkutan Lebaran.

Baca juga: Sejumlah tiket KA tambahan Lebaran di Surabaya habis dipesan
Baca juga: 393 perjalanan kereta api untuk mudik Lebaran 2018

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018