Jakarta (ANTARA News) - Mantan pegawai Cambridge Analytica, Brittany Kaiser, berpendapat kebocoran data Facebook kemungkinan lebih besar dari angka yang beredar 87 juta.

Saat berbicara kepada komisi digital Parlemen Inggris Raya, Kaiser menyatakan Cambridge Analytica memiliki beberapa kuis untuk mengambil data pribadi, This Is Your Digital Life buatan Aleksanr Kogan hanya salah satunya.

"Saya tidak tahu persis survei-survei ini atau bagaimana mendapatkan data atau prosesnya. Tapi, saya yakin pada angka pengguna Facebook yang datanya diambil dengan cara yang sama yang dipakai Kogan lebih dari 87 juta. Cambridge Analytica dan perusahaan tidak terkait lainnya dan kampanye juga terlibat dalam aktivitas ini," tulis Kaiser kepada majelis rendah Inggris seperti ditulis The Guardian.

Kaiser mengetahui ada dua kuis lainnya mengenai musik dan kuis berbasis jenis kelamin juga menggunakan Facebook untuk mengumpulkan data, mirip seperti tes dari Kogan.

Kepada The Guardian, Facebook menyatakan sedang menyelidiki semua aplikasi yang memiliki akses terhadap informasi, sebelum ada perubahan kebijakan mengurangi akses data ke platform ini pada 2014.

"Kami akan mengaudit secara penuh aplikasi apa pun yang mencurigakan. Dan, jika kami menemukan pengembang yang menyalahgunakan informasi, kami akan melarang dan memberi tahu orang yang terdampak".

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018