Bandung (ANTARA News) - Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, menceritakan kenangannya saat tinggal di Kota Bandung kepada para pengusaha dan tokoh masyarakat Jawa Barat.

Bagi SBY, Kota Bandung bukanlah kota yang asing lagi, pasalnya selama masih aktif di militer ia pernah ditugaskan di Kota Kembang tersebut.

"30 tahun saya mengabdi di dunia militer. 15 tahun saya berdinas di Bandung dan Jawa Barat," kata SBY saat menggelar acara Ngariung Bareng SBY di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung, Jumat malam.

Beberapa hal yang sulit ia lupakan mengenai Kota Bandung, yakni cuaca dingin serta kuliner. Menurut dia, dua hal itu lah yang membuat dirinya selalu ingin ke Kota Bandung.

Ia juga menceritakan mengenai kedua anaknya yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono yang lahir di Kota Kembang. Sehingga kata dia, kedua anaknya layak disebut sebagai warga asli Bandung.

"Anak saya pun lahir di Bandung, AHY lahir di Dayuehkolot dan EBY di Rumah sakit Sariningsih. Itu puluhan tahun lalu," katanya.

Dalam acara Ngariung Bareng SBY tersebut, ia menitipkan kepada para pengusaha, agar kehadiran mereka mampu membawa perekonomian warga Bandung meningkat.

Selain itu, ia juga meminta agar UMKM yang ada bisa terus didorong. Pasalnya kehadiran UMKM bersinggungan langsung dengan kesejahteraan masyarakat.

"UMKM menjadi salah satu sektor yang harus dilindungi karena banyak dilakukan mayoritas warga. Jika UMKM mampu dikelola dengan baik dan mendapat perlindungan yang optimal dari negara, maka kesejahteraan sosial akan turut meningkat," kata dia.

Pada malam nostalgia ini, tak hanya pengusaha dan tokoh masyarakat, sejumlah kader Partai Demokrat Jabar juga turut hadir.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018