... delegasi militer Amerika, terima kasih telah berbagi pengalaman, pengetahuan dan mengembangkan ide-ide kepada kami. Saya berharap dapat bertemu kembali dalam waktu dekat di masa mendatang dalam latihan yang lebih kita kembangkan bersama lagi...
Manado (ANTARA News) - Latihan bersama TNI AU dan Angkatan Udara Amerika Serikat bersandi Cope West and Spear Iron 2018 telah selesai, Jumat ini. Adalah Asisten Operasi Kepala Staf TNI AU, Marsekal Muda TNI Barhim, yang menutup latihan bersama itu, yang digelar di Manado, Sulawesi Utara.

"Latihan bersama Cope West and Spear Iron 2018 secara resmi ditutup," kata Barhim.

Pada penutupan dilaksanakan dalam suatu upacara di Pangkalan Udara TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Barhim didampingi sejawatnya, Asisten Mobilisasi Angkatan Udara Komando Pasifik Amerika Serikat, Mayor Jenderal Walter J Sams. Pangkalan udara ini langsung berhadapan dengan perairan Pasifik Barat.

Satuan ini membawahkan semua unsur kekuatan udara Komando Pasifik Amerika Serikat, dari Pangkalan Udara Hickam, Hawaii. Komando Pasifik merupakan komando pertahanan komposit dan semesta Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, dengan luas wilayah tanggung jawab lebih dari separuh muka Bumi.

Seusai menutup latihan bersama itu, Barhim mengatakan, sasaran latihan bersama ini untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme para penerbang, awak pendukung serta personel Korps Pasukan Khas TNI AU dalam mengembangkan taktik dan teknik dalam operasi udara.

Hal terpenting lain, latihan itu ajang yang baik guna mempererat persahabatan dan memperkuat hubungan kedua angkatan bersenjata.

Sikap profesionalisme dan komitmen yang tinggi dari seluruh peserta latihan pada tugas yang telah diberikan telah menghasilkan dampak yang sangat baik, pada keamanan dan kelancaran latihan ini tanpa ada kecelakaan.

"Terlebih dari itu suasana yang akrab selama latihan, ini mengindikasikan interaksi dan keterlibatan yang baik antar seluruh peserta telah memberikan hasil positif bagi kedua belah pihak," katanya.

Ia mengatakan hari ini telah menyelesaikan seluruh program latihan yang telah direncanakan bersama dan seluruh keterlibatan serta interaksi kedua belah pihak dapat terus berlanjut di kemudian hari, meningkatkan rasa saling memahami dan persahabatan yang kuat diantara kedua Angkatan Udara.

"Untuk delegasi militer Amerika, terima kasih telah berbagi pengalaman, pengetahuan dan mengembangkan ide-ide kepada kami. Saya berharap dapat bertemu kembali dalam waktu dekat di masa mendatang dalam latihan yang lebih kita kembangkan bersama lagi," katanya.

Penutupan latihan bersama ditandai dengan pelepasan tanda peserta latihan. Latihan Cope West and Spear Iron 2018 di Manado, Sulawesi Utara berlangsung 12-23 Maret 2017.
 

Pewarta: Jorie Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018