Bengkulu (ANTARA News) - Dua kuntum bunga Rafflesia gadutensis ditemukan mekar sempurna di kawasan hutan lindung Boven Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, sekitar 70 kilometer dari Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

"Kami temukan dua bunga Rafflesia gadutensis mekar secara bersamaan di spot pertama di lindung Boven Lais," kata Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Utara, Riki Septian saat dihubungi dari Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan satu bunga sedang dalam posisi mekar sempurna sedangkan satu bunga lainnya masih dalam tahap membuka kelopak.

Riki mengatakan bunga langka dilindungi tersebut dapat dinikmati keunikannya dengan menyaksikan mekar secara langsung di habitatnya.

Lokasi bunga mekar itu berada dalam kawasan wisata air terjun Palak Siring Kemumu yang selama ini dikenal sebagai objek wisata alam setempat.

"Habitat bunga ini dapat dijangkau dengan mudah oleh pengunjung dengan berjalan kaki sekira lima menit dari gerbang masuk," ucapnya.

Anggota KPPL Bengkulu Utara telah menyiapkan sejumlah relawan untuk memandu para pengunjung yang ingin menikmati keunikan bunga tersebut.

Para pengunjung tidak dipungut biaya untuk masuk ke kawasan hutan itu, hanya saja diwajibkan membayar karcis masuk sebesar Rp2.000 untuk masuk ke objek wisata air terjun Palak Siring.

Melalui pemberitaan lewat media sosial lanjut Riki, sejumlah pengunjung baik wisatawan domestik hingga mancanegara telah mendatangi habitat bunga langka tersebut.

"Bunganya saja sudah termasuk langka dan mekar dalam waktu bersamaan ini sangat jarang terjadi," kata Riki.

 

Pewarta: Helti Marini S
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018