Washington (ANTARA News) - Ivanka Trump akan memimpin delegasi Amerika Serikat (AS) untuk menghadiri upacara penutupan Olimpiade di Korea Selatan, Minggu (25/2).

Gedung Putih mengatakan Donald Trump meminta putri sulungnya -- yang juga merupakan salah satu penasihatnya -- pergi ke Pyeongchang untuk memimpin "delegasi tingkat tinggi".

Ivanka (36), pengusaha sekaligus mantan model, akan bergabung dengan juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders dan berangkat ke Pyeongchang sebagian karena "dia penggemar olahraga musim dingin," ungkap seorang pejabat.

Baca juga: Ivanka Trump duduki kursi Presiden Trump pada KTT G20

Seorang pejabat pemerintah senior mengesampingkan kemungkinan pertemuan antara Ivanka dan pejabat dari Korea Utara.

Selama 10 hari, saat para atlet berkompetisi di lereng, gelanggang es dan berlari, Korea Utara dan Amerika Serikat memanfaatkan Olimpiade untuk mencoba dan membentuk opini publik.

Kedua negara bersenjata nuklir itu terlibat perselisihan sengit atas program nuklir dan rudal balistik Korea Utara, yang dapat segera mengancam wilayah Amerika Serikat.

Pengunjung Olimpiade Pyeongchang meliputi Wakil Presiden Mike Pence serta kepala negara Korea Utara Kim Yong Nam dan Kim Yo Jong, adik perempuan pemimpin Kim Jong Un.

Ivanka Trump dijadwalkan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada Jumat.

"Kunjungan penasihat Ivanka mendatang bertujuan merayakan kesuksesan penyelenggaraan Olimpiade Pyeongchang dan menegaskan saling pengertian kan aliansi Korea Selatan-AS," kata Noh Kyu-duk, juru bicara Kementerian Luar Negeri di Seoul, Selasa, menurut lansiran kantor berita Yonhap, demikian AFP.


Penerjemah: Monalisa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018