Beijing (ANTARA News) - Sedikitnya 10 orang tewas dan 21 luka-luka akibat kendaraan sarat penumpang selip di jalan raya Provinsi Jiangxi, China.

Informasi dari kepolisian Provinsi Jiangxi, Rabu, menyebutkan bahwa peristiwa itu terjadi pada saat kendaraan berkapasitas 19 tempat duduk namun ditumpangi 31 orang selip di medan jalan yang menurun di Kecamatan Ningdu, Kota Ganzhou, Selasa (20/2) pukul 10.30 waktu setempat (09.30 WIB).

Kendaraan tersebut kemudian terjerembab ke parit sedalam 10 meter dari badan jalan, demikian keterangan kepolisian.

Sebanyak sembilan penumpang mobil nahas itu tewas di tempat kejadian, sedangkan seorang lagi tidak tertolong nyawanya saat dalam perawatan di rumah sakit beberapa saat setelah kecelakaan.

Sejumlah korban luka masih menjalani perawatan secara intensif di rumah sakit terdekat. Seorang di antaranya dalam kondisi kritis.

Sementara itu, Kementerian Keamanan Publik China (MPS) yang membawahi kepolisian mengirimkan tim khusus ke lokasi kejadian di Kota Ganzhou.

Tim khusus tersebut akan memberikan arahan penyelidikan dan mencari penyebab utama kecelakaan maut yang terjadi pada kepadatan arus mudik liburan Hari Raya Imlek itu.

MPS juga mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan keamanan lalu lintas selama musim liburan Hari Raya Imlek seiring dengan kepadatan arus lalu lintas di sekitar objek wisata.

Selain itu pengguna jalan juga diingatkan agar mewaspadai hujan, hujan salju, kapasitas penumpang, lisensi pengemudi, dan faktor kelelahan pada pengemudi, tulis Kantor Berita Xinhua yang dipantau Antara di Beijing.

(T.M038)/b/a011

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018