Rio de Janeiro (ANTARA News) - Menteri Pertahanan Brasil Raul Jungmann pada Rabu (31/1) mengatakan bahwa sistem keamanan publik di negaranya "rusak" saat kelompok bersenjata bertikai dengan petugas di daerah kumuh di Rio de Janeiro, menyebabkan sebuah jalan tol utama ditutup.

"Sistemnya rusak dan apa yang kita lihat saat ini bukan hanya akibat dari rusaknya sistem itu, desain sistem, namun karena banyak alasan lain," katanya dalam sebuah pidato di Rio, lapor Agencia Brasil seperti dikutip AFP.

Terjadi kekacauan di salah satu jalan utama Rio setelah pertikaian geng dengan polisi di daerah kumuh Cidade de Deus, menyebabkan penutupan sementara jalan arteri.

Sang menteri mengatakan geng kriminal tidak hanya bekerja secara nasional tapi juga internasional, dan bahwa pemerintah federal tidak punya wewenang cukup untuk mengintervensi negara bagian "kecuali dalam situasi luar biasa".

Dia juga menyalahkan penderitaan finansial di Brasil, yang muncul dari resesi terparah dalam sejarah.

"Krisis itu berpengaruh terhadap proses ini – kurangnya sumber daya yang disalurkan ke keamanan publik," ungkapnya, demikian laporan AFP. (mu) 

Pewarta: -
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018