Apakah kalian mau saya menikahkan kalian?"
Di Dalam Pesawat Kepausan (ANTARA News) - Paus Fransiskus pada Kamis untuk pertama kalinya menikahkan satu pasangan pramugara-pramugrari di dalam pesawat, yang sedang terbang antara dua kota di Chile.

Pasangan bernama Paula Podest Ruiz (39 tahun) dan Carlos Ciuffardi Elorriga (41 tahun) itu sebelumnya mengatakan kepada Paus bahwa mereka telah menikah di catatan sipil. Namun, upacara keagamaan yang direncanakan berlangsung di gereja paroki mereka di Santiago tidak terwujud karena gereja itu rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang Chile pada 2010, lapor Reuters.

Paula dan Carlos meminta Paus untuk memberkati perkawinan mereka. Namun, Paus rupanya memikirkan hal lain di benaknya.

"Apakah kalian mau saya menikahkan kalian?" tanya Paus kepada pasangan itu.

"Di sini?" tanya Paula dan Carlos yang terkejut.

Paus menjawab "ya" dan ia kemudian memimpin upacara singkat di bagian depan pesawat.

Seorang pejabat maskapai penerbangan didaulat menjadi saksi pernikahan sementara seorang Uskup Chile yang ikut dalam penerbangan tersebut menandatangani dokumen pernikahan.

"Semuanya sudah sah. Semuanya sudah resmi," kata juru bicara Vatikan Greg Burke. "Nanti kita kan perlihatkan foto dokumen itu."

Upacara pernikahan dilangsungkan ketika Paus dan rombongannya sedang berada dalam penerbangan dari Santiago menuju kota di Chile utara, Iquique.

(Uu.T008)

Pewarta: LKBN Antara
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018