Paris (ANTARA News) - Perayaan Tahun baru di Eropa dipusatkan di obyek-obyek wisata, misalnya seperti di kota Paris, Prancis yang dirayakan di daerah Avenue des Champs-Élysées.

Di jalan sepanjang 1,9 km dan lebar 70 meter, yang berada di antara Place de la Concorde dan Place Charles de Gaulle, tempat Arc de Triomphe Paris sekitar satu juta orang tumpah ruah disana.

"Perayaan tahun baru di Paris dipusatkan di Champs-Élysées. Banyak sekali orang lalu lalang di jalan yang terdapat banyak pertokoan yang terkenal sepanjang jalan seperti Louis Vuitton," ujar seorang warga Inggris Nancy Gilence kepada Antara London, Senin pagi.

Nancy yang khusus datang dari London untuk menyaksikan pergantian tahun di Paris mengatakan pada saat masuk ke wilayah  Champs-Élysées banyak polisi dan semua orang diperiksa sebelum masuk ke wilayah tersebut untuk menyaksikan pesta kembang api.

"Kami diperiksa oleh polisi sampai dua kali untuk bisa masuk ke wilayah Champs-Élysées dan juga minuman tidak boleh dibawa masuk," ujar Nancy lagi.

Ternyata pesta kembang api di akhir tahun baru di Paris tidak semeriah di kota London karena kembang api di London berlangsung cukup lama sedangkan di Paris tidak sampai lima menit, dan juga tidak ada konser musik seperti di London.

Dubes Indonesia untuk UNESCO Fauzi Soelaiman beserta putri bungsu Chairina juga tidak ingin melewatkan pergantian tahun di daerah Champs-Élysées bersama sejutaan orang berbagai bangsa yang tidak jauh dari kediaman wisma UNESCO di daerah Victor Hugo.

"Perayaan akhir tahun ini merupakan yang terakhir buat saya di Paris karena tugas saya di Prancis akan selesai di akhir Januari 2018," kata Fauzi Soelaiman.

Sebelum melewati acara tahun baru di Champs-Élysées, Wisma Dubes RI untuk UNESCO mengadakan pesta sate padang yang khusus disediakan oleh Ibu Bonita Sadanoer, istri Fauzi Soelaiman.

"Wah udah lama nggak makan sate padang," ujar Marchia, mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Orlans.

Sementara itu, masyarakat Indonesia di kota London mengadakan pesta pergantian tahun di lantai atas gedung KBRI London untuk menyaksikan kembang api yang digelar di daerah obyek wisata Big Ben dan London Eye. Big Ben dan London Eye adalah landmark di London, Inggris yang menjadi pusat perayaan pesta kembang api setiap tahun baru.

Pesta kembang api berlangsung selama beberapa menit. Pemerintah kota biasanya juga menyediakan layar lebar di Alun Alun Trafalgar supaya warga bisa menyaksikan pesta kembang api tahun baru dengan meriah karena untuk masuk wilayah London Eye sepanjang sungai Thames harus bayar dan dibatasi.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018