Jakarta (ANTARA News) - Warganet memanfaatkan platform change.org untuk membuat petisi untuk suatu isu yang dipandang perlu mendapat perhatian publik.





Petisi dalam jaringan ini mudah dibagikan di media sosial, orang yang tertarik untuk menandatangani petisi perlu memperhatikan judul serta latar belakang petisi tersebut.




Berikut ini adalah 10 petisi yang banyak mendapat perhatian publik sepanjang 2017.







1. Cabut Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi




Solidaritas terhadap etnis Rohingya di Myanmar menggerakkan 491.778 warganet untuk menandatangani petisi ini. Aung San Suu Kyi dipandang tidak berbuat cukup untuk menghentikan kejahatan kemanusiaan terhadap Rohingya.







2. Transportasi online Jawa Barat




64.109 orang meminta agar transportasi berbasis aplikasi daring tetap dapat beroperasi di Jawa Barat.







3. Gugatan Alfamart terhadap konsumen




Warganet mempetisi Alfamart karena menggugat seorang konsumen mereka, Mustolih Siradj karena meminta laporan donasi konsumen secara publik. 63.899 warganet meminta Alfamart mencabut gugatannya di pengadilan.







4. Aduan terhadap penyebar meme Setya Novanto




60.435 orang menandatangani petisi Segera Cabut Aduan dan Hentikan Kasus Penyebar Meme Setnov, setelah Setya Novanto melaporkan ke polisi akun-akun yang menyebarkan meme dirinya.







5. Tangkap penyerang Novel Baswedan




Penyidik KPK Novel Baswedan diserang orang tidak dikenal saat ia berada di lingkungan tempat tinggalnya. Ia disiram air keras sehingga penglihatannya terganggu. 58.291 warganet meminta agar pelaku penyerangan ditangkap.







6. Selamatkan beruang di Bandung




Beruang di Kebun Binatang Bandung hidup dalam kondisi tidak layak. 58.072 warganet mendukung Yayasan Scorpion, yang membuat petisi, yang meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menyelamatkan beruang itu.







7. Tolak Hak Angket DPR terhadap KPK




48.488 orang menandatangani petisi yang menolak Hak Angket DPR terhadap KPK.







8. Pecat ketua DPRD tampar dokter




Ketua DPRD Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, Teguh Raharjo Eko Purwato menampar seorang dokter di RSUD Lebong. 40.172 warga net meminta agar ia dipecat.







9. #saveibunuril dari UU ITE




32.321 warganet menandatangani petisi agar Nuril bebas dari tuntutan yang menggunakan UU ITE. Nuril mengalami pelecehan seksual, tapi, ditahan karena dituduh menyebarkan rekaman pelecehan tersebut.







10. Cegah kanker serviks




Kematian Julia Perez akibat kanker serviks menggerakkan sahabatnya, Ruben Onsu, membuat petisi agar perempuan di Indonesia melek isu ini dan berharap ada program imunisasi HPV nasional ntuk mencegah penyakit ini. 32.314 menyetujui petisi ini.




Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017