Puluhan rumah di Bondowoso diterjang puting beliung

Puluhan rumah di Bondowoso diterjang puting beliung

Ilustrasi--Warga membersihkan puing yang berserakan akibat angin puting beliung di Alas Buluh Wongsorejo, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (12/12/2017). (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)

Bondowoso (ANTARA News) - Puluhan rumah warga di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Kamis.

"Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Bondowoso sejak pukul 14.30 WIB dan sekitar satu jam kemudian tiba-tiba angin puting beliung juga datang bersamaan," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Winarto di Bondowoso, Kamis malam.

Menurut Winarto, akibat puting beliung puluhan rumah warga di Desa Kejawan, Kecamatan Grujugan dan Desa Grujugan Lor, Kecamatan Jambesari rusak berat.

Angin puting beliung tersebut, lanjut dia, juga menumbangkan sejumlah pohon berukuran besar, bahkan ada rumah warga di Desa Kejawan yang rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang.

"Untuk jumlah pasti rumah warga terdampak angin putting beliung hari ini masih dalam pendataan. Yang pasti jumlahnya puluhan rumah," katanya.

BPBD dibantu oleh anggota Polri dan TNI serta masyarakat sekitar segera membersihkan material pohon maupun puing-puing bangunan rumah yang rusak berat akibat puting beliung itu.

Selama memasuki musim hujan tahun ini tercatat sudah ada sekitar 80 rumah yang rusak akibat angin puting beliung. Puluhan rumah tersebut tersebar di Desa Petung, Kecamatan Pakem dan Desa Banyuwuluh, Jatisari serta Desa Ardisaeng Kecamatan Wringin. 
Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2017