Berlin (ANTARA News) - Mantan kapten tim nasional Jerman, Oliver Kahn dan Lothar Matthaeus, memberikan nasihat kepada penjaga gawang Manuel Neuer agar tidak mempertaruhkan kariernya dengan terburu-buru kembali bermain setelah mengalami cedera patah kaki.

Kiper Bayern Munchen Neuer (31), diperkirakan bisa kembali merumput pada awal Januari setelah kaki kirinya patah untuk kedua kalinya pada tahun ini.

Ia sebelumnya sudah mengalami cedera patah kaki yang sama pada April, namun Neuer memperparah cedera sebelumnya akibat merumput terlalu cepat saat timnya dikalahkan Real Madrid pada perempat final Liga Champions.

"Dia harus memberi dirinya waktu yang diperlukan," kata Matthaeus (56), yang menjadi kapten Jerman pada Piala Dunia 1990, kepada majalah Sport Bild, dilansir AFP, Kamis.

"Bila ada hal lain yang terjadi, tidak hanya Piala Dunia yang akan berakhir baginya, tapi kariernya akan terancam. Satu-satunya hal yang penting adalah tanpa risiko!" kata dia.

Neuer ingin kembali bermain karena mengincar posisi penjaga gawang tim nasional Jerman di Piala Dunia 2018.

Namun Khan, yang juga mantan kiper Munchen dan tim nasional Jerman, menganjurkan Neuer untuk berhati-hati berdasarkan pengalamannya saat mengalami cedera.

"Pada 1994, saya mengalami cedera parah di ligamen dan juga ingin bermain secepat mungkin," kata Kahn (48), yang menjadi kapten Jerman saat dikalahkan Brasil di final Piala Dunia 2002.

Dengan absennya Neuer, kiper Barcelona Marc-Andre Ter Stegen telah menjadi pilihan utama Jerman saat mereka memenangkan Piala Konfederasi di Rusia pada Juli lalu.

Namun, Neuer tetap menjadi pilihan pertama pelatih Joachim Loew karena memiliki pengalaman dan terpilih sebagai kiper terbaik dunia selama empat tahun berturut-turut antara 2013 sampai 2016.


Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017