Jakarta (ANTARA News) - Politikus Setya Novanto kemarin kembali tidak memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus korupsi pengadaan KTP Elektronik, sementara polisi menggelar prarekonstruksi kasus pembunuhan dokter di daerah Cawang, Jakarta Timur.



Selain itu ada berita-berita mengenai kegiatan Presiden di KTT ASEAN, kasus kekerasan ibu yang menewaskan anak, hingga respons musisi Ananda Sukarlan terhadap tanggapan warganet mengenai tindakannya meninggalkan tempat duduk saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius Hall D JIExpo Kemayoran.



1. Presiden harapkan krisis di Rakhine segera diselesaikan

Presiden Joko Widodo saat berbicara pada Pleno KTT ASEAN ke-31 di Philippines International Convention Center Manila, Filipina, Senin, menyampaikan keprihatinannya terhadap krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar dan berharap segera diselesaikan.




2. KPK tidak perlu izin presiden panggil Setya Novanto

Menanggapi alasan Ketua DPR Setya Novanto tidak memenuhi panggilan untuk menjalani pemeriksaan, Wakil KPK Laode M Syarif menyatakan bahwa izin dari presiden tidak diperlukan untuk memanggil Setya Novanto sebagai saksi dalam penyidikan kasus korupsi dalam pengadaan KTP elektronik.




3. Tujuh poin surat ketidakhadiran Novanto saksi KTP-e


Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan terdapat tujuh poin isi surat terkait ketidakhadiran Setya Novanto pada pemanggilan ketiga untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam penyidikan kasus korupsi KTP-e.

Kalau pada pemanggilan pertama Senin (30/10) Setya Novanto tidak memenuhi panggilan KPK karena ada kegiatan lain di daerah pada masa reses DPR RI, pada pemanggilan kedua dan ketiga pada Senin (6/11) dan Senin (13/11), dia menyatakan pemanggilan terhadap dirinya harus dilakukan dengan izin tertulis dari Presiden. Selain itu dia menggunakan undangan perayaan HUT Golkar ke-53 Tingkat Provinsi NTT pada 13 November yang lebih dulu disampaikan kepadanya sebagai alasan untuk tidak memenuhi panggilan pemeriksaan.


4. KPAI dalami kasus kekerasan ibu pada anak


Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada Senin mengunjungi Polres Jakarta Barat untuk mendalami kasus dugaan kekerasan yang dilakukan oleh seorang ibu berinisial N kepada anaknya G (5 tahun) hingga anaknya meninggal hanya karena sang anak masih mengompol.




5. Jawaban Ananda Sukarlan


Tindakan musisi Ananda Sukarlan meninggalkan tempat duduk saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius Hall D JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu malam (11/11), mendapat respons beragam dari warganet. Ia menanggapi respons warganet mengenai tindakannya di akun Twitter @anandasukarlan, antara lain mengatakan aksi keluar ruangan itu murni inisiatif dari dirinya sendiri.













Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017