Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Belanda gagal melenggang ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia kendati memetik kemenangan 2-0 atas Swedia pada pertandingan terakhir fase kualifikasi zona Eropa di Amsterdam Arena, Rabu dini hari.

Sebaliknya, tim tamu Swedia berhasil mengamankan satu jatah play-off kendati dikalahkan Belanda. Swedia berada di posisi kedua klasemen akhir grup A di bawah Prancis yang menjadi juara grup.

Belanda menang berkat dua gol Arjen Robben yang berupaya mengangkat timnya yang membutuhkan kemenangan dengan skor selisih tujuh gol untuk bisa lolos ke Rusia. Gol pertama pemain sayap Bayern Muenchen itu tercipta melalui eksekusi tendangan penalti menyusul pelanggaran Victor Lindelof yang melakukan handball pada menit 16.

Sebuah umpan Ryan Babel menghasilkan gol kedua bagi Arjen Robben yang mencetak angka melalui tembakan akurat yang dilepaskan dari luar kotak penalti pada menit 40. Namun gol itu menjadi yang terakhir pada laga ini sehingga Belanda gagal lolos ke Rusia.

Belanda, yang finis ketiga pada Piala Dunia 2014, telah absen dalam turnamen besar untuk kedua kalinya secara berturut-turut setelah gagal lolos ke Piala Eropa 2016.

Kegagalan ini membuat Belanda gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 2002, demikian FIFA.

Susunan pemain:

Belanda (4-3-3):
Cillessen; Tete, Van Dijk, Rekik, Ake; Wijnaldum, Vilhena, Blind; Robben, Babel, Janssen

Swedia (4-4-2):
Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Augustinsson; Claesson, Larsson, Johansson, Forsberg; Toivonen, Berg.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2017