Yerevan (ANTARA News) - Robert Lewandowski mencetak tiga gol (hattrick) untuk menjadi pencetak gol terbanyak Polandia seusai mengalahkan Armenia 6-1 pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018, Kamis malam.

Kemenangan itu membuat Polandia selangkah lagi lolos ke Rusia karena berada di puncak klasemen grup E dengan 21 poin, unggul tiga poin dari Denmark, dan enam poin dari Montenegro di posisi ketiga.

Kamil Grosicki membuka keunggulan Polandia saat pertandingan baru berjalan dua menit di Yerevan, sebelum Lewandowski melepaskan tendangan bebas yang berbuah gol untuk menyamai rekor Wlodzimierz Lubanski yang bermain untuk Polandia pada tahun 1963 sampai 1980 dengan catatan 48 gol.

Bintang Bayern Muenchen tersebut mencatatkan rekor pencetak gol terbanyak setelah mencetak dua gol tambahan melalui tendangan bebas tidak langsung pada menit 25, dan menuntaskan hattrick-nya pada babak kedua.

Gol dari Jakub Blaszczykowski pada menit 58 dan sepakan Rafal Wolski di menit 89 memastikan Polandia menggulung Armenia 6-1.

Lewandowski juga memecahkan rekor gol Cristiano Ronaldo pada kualifiasi Piala Dunia 2018 dengan menorehkan 15 gol, dan unggul satu gol dari kapten Portugal itu.

Ronaldo sejajar dengan penyerang Yugoslavia, Predrag Mijatovic, yang mencetak 14 gol saat lolos ke Piala Dunia 1998. Namun, pemain berjuluk CR7 itu bisa menambah pundi-pundi golnya saat Portugal menghadapi Andorra pada Sabtu lusa.

Polandia hanya memerlukan satu poin pada pertandingan terakhir di kandang saat melawan Montenegro pada Minggu untuk mengamankan satu tiket final menuju Rusia. Polandia juga tetap lolos asalkan Montenegro bermain imbang dengan Denmark di Podgorica, demikian AFP.

Pewarta: Alviansyah P.
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017