Baghdad, Irak (ANTARA News) - Sebanyak 20 anggota ISIS tewas pada MInggu (13/8) dalam bentrokan sengit dengan satuan paramiliter Irak Hashd Shaabi di dekat perbatasan dengan Suriah, kata satuan tersebut di dalam satu pernyataan.

Serangan itu terjadi pada dini hari, ketika petempur Hashd Shaabi, yang didukung oleh senjata artileri, mematahkan serangan oleh puluhan petempur ISIS yang menyeberangi perbatasan dengan Suriah dari tiga arah.

Anggota ISIS tersebut menyerang pangkalan petempur paramiliter Hashd Shaabi di bagian utara daerah perbatasan Irak, Tal Sufoug, kata pernyataan itu.

Bentrokan tersebut menewaskan 20 gerilyawan ISIS dan melukai delapan lagi, selain menghancurkan empat kendaraan ISIS, tambah pernyataan itu, sebagaimana dilaporkan Xinhua.

Penggelaran petempur Hashd Shaabi di dekat garis perbatasan dengan Suriah adalah bagian dari rencana untuk mengamankan daerah perbatasan dengan tetangga Irak, Suriah, dan memotong jalur pasokan ISIS antara Suriah dan gerilyawan garis keras di kota kecil dan daerah yang dikuasai ISIS di bagian barat Irak.

Pertempuran di Irak Barat terjadi saat Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengumumkan pembebasan Mosul pada 10 Juli, setelah hampir sembilan bulan pertempuran sengit untuk mengusir gerilyawan fanatik dari kubu utama terakhir mereka di Irak.
(Uu.C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017