Mangupura, Bali (ANTARA News) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, melepas 130 jemaah haji asal daerah setempat dan mendoakan agar jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci Mekah dapat melaksanakan ibadahnya dengan lancar.

"Saya juga mengimbau kepada para calon haji ini selalu mengikuti arahan serta panduan dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD)," ujar Giri Prasta di Mangupura, Jumat.

Ia juga mengimbau, pemandu agar mematuhi instruksi pemandu dan mematuhi aturan di tempat Suci Mekah tersebut sehingga tidak terpisah dengan rombongan lainnya. "Saya mengucapkan selamat kepada 130 calon jemaah haji asal Badung yang akan melaksanakan ibadah haji nanti," katanya.

Giri Prasta mengajak semua umat muslim yang berada di Badung untuk senantiasa menjaga kerukunan serta jangan mudah terpancing provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Persatuan ini adalah modal penting dalam pembangunan di Kabupaten yang bertujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Badung tanpa memandang suku, ras dan agama," ujar mantan Ketua DPRD Badung itu.

Dalam kesempatan tersebut, Giri Prasta menyerahkan bantuan sebesar Rp40 juta kepada Hanika TPHD Badung. Pemkab Badung juga siap membantu transportasi perjalanan haji Tahun 2018 yang berangkat dari Badung menuju embarkasi Surabaya menggunakan pesawat terbang bukan menggunakan bus seperti saat ini.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Badung I Gusti Agung Gede Manguningrat mengatakan, Tahun 2017 kuota Haji Bali sebanyak 695 orang dan jumlah calon Jemaah haji asal Badung adalah sebanyak 130 orang.

"Adapun perinciannya laki-laki sebanyak 63 orang, wanita sebanyak 67 orang," katanya.

Sementara rincian jumlah haji di Badung perkecamatan yakni, Kuta Selatan sebanyak 32 orang, Kuta sebanyak 47 orang, Kuta Utara sebanyak 43 orang, Mengwi dan Abiansemal sebanyak empat orang.

Sedangkan dari TPHD asal Petang atas Nama Hanika asal Banjar Angantiga Petang. Ia menambahkan, calon jemaah haji ini akan berangkat menuju embarkasi Surabaya dan diterima di Asrama Haji Sukolilo, pada 11 Agustus 2017 dan akan berangkat menuju Tanah Suci mekah pada 12 Agustus 2017 serta kembali ke Tanah Air pada 21 September 2017.

Pewarta: I Made Surya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017