Kami amati beberapa hari ini suasana Pilkada Jakarta memanas. Kita harus menyikapi itu secara bijak
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengatakan masyarakat harus menghormati siapa pun pemenang Pilkada DKI Jakarta.

"Maka, kita hormati, menerima hasil Pilkada DKI nanti sebagai bagian dari prosesi yang jujur, adil dan bermartabat," kata Said dalam jumpa pers di kantornya Jakarta, Senin.

Said juga mengajak masyarakat terutama warga DKI Jakarta untuk menghormati perangkat penyelenggara pemilu, termasuk pengawas dan dewan kehormatan pemilu. Dengan begitu, Pilkada DKI Jakarta terhindar dari perpecahan di tengah kemajemukan.

Baca juga: (Ormas lintas agama serukan Pilkada DKI damai)


Said mengatakan pihaknya bersama-sama dengan organisasi kemasyarakatan lintas agama sepakat mendukung pelaksanaan Pilkada DKI yang damai dan apa pun pilihan masyarakat terhadap pasangan calon yang berkompetisi.

"Ormas itu nonpolitik tapi punya tanggung jawab menjaga keselamatan persatuan dan kesatuan Indonesia yang kita cintai. Tidak ada kepentingan politik apa pun, hanya ingin mewujudkan kedamaian Indonesia," katanya.

Sebaiknya, kata Said, masyarakat khususnya warga NU untuk mengutamakan kepentingan bangsa di atas segalanya, sementara Pilkada DKI hanyalah kepentingan sesaat.

Dia mengatakan hal yang lebih abadi dan penting dibanding pilkada adalah keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017