Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komite Eksekutif (Exco) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Papat Yunisal membenarkan bahwa salah satu hasil rapat Exco, yang dilakukan pada Minggu (12/3), adalah Liga 1 bergulir pada 15 April 2017.

"Benar hasilnya seperti itu. Konsepnya sudah ada. Namun kepastiannya akan diumumkan oleh Sekjen," ujar Papat, merujuk pada Sekjen PSSI Ade Wellington, ketika dihubungi di Jakarta, Senin.

Dia melanjutkan, setelah adanya keputusan itu, Sekjen segera mempublikasikan jadwal dan semua hal tentang pelaksanaan Liga 1 kepada klub-klub peserta.

Namun, PSSI belum mengonfirmasi kabar tersebut. Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menyatakan PSSI belum bisa memaparkan secara rinci mengenai Liga 1, termasuk tentang jadwal pelaksanaan.

"Rencananya pengumuman resmi Liga 1 dilakukan Kamis (16/3)," tutur Joko.

Awalnya, Liga 1 direncanakan bergulir pada 26 Maret 2017 sesuai dengan Kongres PSSI, Januari 2017 lalu. Namun, karena beberapa pertimbangan, PSSI akhirnya memutuskan diundur.

Beberapa soal yang perlu didiskusikan PSSI lebih lanjut adalah terkait operator, katanya, soal lain yang perlu didiskusikan lebih lanjut adalah terkait teknis komersial, penyesuaian jadwal, dan tentang peningkatan kualitas penyelenggaraan kompetisi.

Liga 1 sendiri akan berpengaruh ke pelaksanaan liga di bawahnya, Liga 2, Liga 3, Piala Soeratin dan kompetisi U-15, yang dilangsungkan setelah Liga 1 bergulir.

(M054/N004)

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017