Jayapura (ANTARA News) - Tim SAR bersama anggota TNI dan Polri mencari pesawat Hercules jenis A-1334 Navex 32 milik TNI Angkatan Udara (AU) yang hilang kontak sesaat sebelum mendarat di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Minggu pagi.

Tim mencari pesawat yang berangkat dari Timika, Kabupaten Mimika, pukul 05.35 WIT dan diperkirakan tiba di Wamena pukul 06.13 WIT itu di sekitar Gunung Lisuwa, Kampung Maima, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR menyatakan pukul 08.00 WIT mendapat informasi dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Wamena bahwa pesawat Hercules yang dipiloti oleh Mayor Pnb Marlon Kawer itu hilang kontak pukul 06.09 WIT.

"Informasinya peswat itu membawa kru sebanyak 12 orang," katanya tentang pesawat yang terakhir mengontak menara pengawas bandara Wamena pukul 06.02 WIT itu.

Petugas pengawas di menara Wamena melihat pesawat itu akan mendarat pukul 06.08 namun semenit kemudian hilang kontak dengan menara.

Dua jam kemudian, pukul 08.40 WIT, sebanyak 30 personel Kodim 1702/Jayawijaya yang dipimpin oleh Pasi Intel Kapten Inf Irvan menyatakan menemukan lokasi pesawat di Gunung Lisuwa, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya.

Menurut informasi yang diperoleh Antara di Kota Jayapura, pesawat Hercules itu mengangkut bahan makanan dan material lainnya.

Sementara Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian mengatakan bahwa menurut laporan yang dia terima pesawat Hercules itu sedang digunakan untuk latihan.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016