Tangerang (ANTARA News) - Puluhan warga Kabupaten Tangerang menjalani operasi operasi katarak gratis yang diselenggarakan di RSUD Balaraja dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-39 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten, Hidayatullah Putra di Tangerang, Kamis, mengatakan kegiatan operasi katarak itu merupakan bentuk kepedulian BPJS untuk mengurangi jumlah penderita katarak di Banten.

Menurut informasi dari Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Banten, jumlah penderita katarak di wilayah tersebut cukup banyak, dan sebagian besar adalah warga tidak mampu.

"Selain operasi katarak, kami juga memberikan edukasi kepada penderita melalui tanya jawab mengenai menjaga kesehatan mata," ujarnya.

Ia berharap, operasi katarak ini bisa kembali dilanjutkan dan dilaksanakan di daerah lainnya.

Sementara itu, Dirut RSUD Balaraja Reniati, mengatakan pihaknya bersama BPJS akan memberikan pelayanan yang maksimal sehingga penderita katarak dapat sembuh.

Sementara itu, selain menggelar operasi katarak gratis, BPJS Ketenagakerjaan juga menggelar kegiatan donor darah dan pasar murah. Melalui kegiatan tersebut, diselipkan sosialisasi untuk memberi pemahaman manfaat BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat.


Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016