Mosul, Irak (ANTARA News) - Unit paramiliter Irak yang disebut Hashd Shaabi mengumumkan pembebasan pangkalan udara strategis dekat kota Tal Afar di barat kota Mosul di bagian utara Irak yang dikuasai oleh kelompok ISIS menurut laporan televisi pemerintah pada Rabu (16/11).

"Hashd Shaabi mengumumkan pembebasan pangkalan udara Tal Afar setelah bentrok sengit dengan militan ISIS," menurut laporan saluran televisi pemerintah Iraqiya mengutip juru bicara Hashd Shaabi, Ahmed al-Asadi.

Perebutan kembali pangkalan udara yang berada di bagian barat Tal Afar itu akan memungkinkan unit paramiliter menggunakannya sebagai ajang untuk membebaskan kota yang dikuasai ISIS, Tal Afar, sekitar 70 kilometer barat Mosul, kata Asadi.

Perebutan kembali pangkalan udara itu juga akan memangkas rute pasokan antara Mosul dan Tal Afar, kata Asadi, menambahkan bahwa keberadaan Hashd Shaabi di barat Mosul akan mengamankan daerah perbatasan antara Irak dan negara tetangga Suriah.

Unit Hashd Shaabi mengambil kendali pangkalan udara pada petang hari setelah bentrok sporadis sepanjang hari untuk mengalahkan militan ISIS dari beberapa desa di selatan dan barat perimeter pangkalan udara, katanya.

Pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat menyerang pangkalan udara itu sepanjang invasi Irak di Maret 2003, dan pasukan Amerika Serikat kemudian menggunakannya untuk pasukan darat.

Kelompok ISIS selanjutnya menggunakan pangkalan udara itu sebagai kamp pelatihan untuk militannya.

Pangkalan udara dan kota didekatnya, Tal Afar, yang sebelumnya berpenduduk mayoritas Sunni dan Syiah Turkoman, serta minoritas Kurdi dan Arab, jatuh ke tangan ISIS pada Juni 2014 menurut  warta kantor berita Xinhua.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016