Bekasi (ANTARA News) - Gerakan Nusantara Mengaji meluncurkan aplikasi khataman Al Quran online pertama di dunia yang bisa diakses melalui telepon pintar.

"Dengan aplikasi ini masyarakat dapat terhubung secara bersama-sama melaksanakan khataman Al Quran serentak," kata Koordinator Nasional Mengaji Jazilul Fawaid dalam acara Khataman Akbar Nusantara Mengaji di Masjid Siti Rawani, Jati Asih, Bekasi, Jawa Barat, Minggu.

Menurut Jazil, aplikasi yang dapat diunduh di Goole Strore itu dibuat untuk lebih mendekatkan masyarakat dengan Al Quran. Masyarakat bisa dengan mudah membaca Al Quran kapan dan di mana saja.

Aplikasi Nusantara Mengaji dilengkapi Al Quran 30 juz serta fitur memilih juz sehingga setiap pengguna nantinya bisa memilih satu atau beberapa juz yang ingin dibaca.

Dewan Penasihat Nusantara Mengaji Prof KH Akhsin Sakho Muhammad menambahkan, dengan aplikasi ini khataman Al Quran bisa dilaksanakan bersama-sama oleh pengguna yang sudah memilih juz Al Quran tadi.

"Sistem pun akan mencatat berapa orang yang mengikuti khataman serta berapa kali khataman yang telah dilaksanakan," kata pakar Al Quran lulusan Madinah ini.

Aplikasi berbasis android ini juga menyajikan berbagai informasi seputar keislaman, tafsir, dan khazanah keilmuan Islam lainnya.

"Ini media edukatif dan informatif terutama dalam era digital saat ini. Silakan unduh secara gratis, mudah-mudahan melalui aplikasi Nusantara Mengaji ini bisa menjadi nilai ibadah sekaligus media silaturahim kita," katanya.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengapresiasi peluncuran aplikasi khataman Al Quran online yang dinilainya bermanfaat sebagai ikhtiar penting sekaligus memberikan bekal bagi anak muda.

"Jumlah mereka besar, dengan aplikasi semacam ini diharapkan mampu mendekatkan mereka pada Al Quran dan membuat mereka mencintai Al Quran," katanya.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016