Kedatangan para wisman itu sebagai wujud untuk menjadikan Kota Bitung sebagai satu destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia dalam lingkaran promosi Kementerian Pariwisata Wonderful Indonesia."
Bitung (ANTARA News) - Ratusan turis mancanegara ikut berbaur dan meramaikan Festival Pesona Selat Lembe (FPSL) 2016 yang berlangsung meriah di Pelabuhan Perikanan Aertembaga, Bitung, Sulawesi Utara, Kamis.

"Para wisatawan mancanegara itu berasal dari China, Jerman, Australia, Denmark dan Amerika Serikat serta Jepang dan Belanda," kata Wali Kota Bitung, Maximilian Lomban, di Bitung, Kamis.

Lomban mengatakan, sangat bangga dengan kehadiran para wisatawan mancanegara (wisman) yang datang khusus ke Sulawesi Utara khususnya Kota Bitung untuk menyaksikan FPSL 2016.

"Kedatangan para wisman itu sebagai wujud untuk menjadikan Kota Bitung sebagai satu destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia dalam lingkaran promosi Kementerian Pariwisata Wonderful Indonesia," katanya.

Dia mengatakan sebagai ungkapan rasa terima kasih, Pemkot Bitung menjadikan para wisatawan mancanegara itu, sebagai tamu terhormat, sehingga diberikan tempat khusus untuk menyaksikan berbagai kegiatan FPSL.

Di tempat terpisah, Koordinator Satgas Pariwisata Sulut, Dino Gobel mengatakan ada sekitar 200 wisman asal China khususnya dari Wuhan dan Macau. Selain itu, rombongan turis berasal dari Eropa sekitar 70 orang serta 20 orang wisman asal Amerika Serikat.

"Kegiatan seperti ini sangat diminati para wisman, mereka berbaur sambil mengambil foto-foto menarik. Apalagi yang berkaitan dengan kegiatan budaya," kata Dino.

Karena itu, lanjutnya, kegiatan internasional ini sudah ditetapkan menjadi kalender pariwisata setiap tahunnya akan menjadi bahan promosi Satuan Tugas Pariwisata Sulut untuk tahun depan yang dapat mendatangkan wisman lebih banyak lagi.

Dino menambahkan, para wisman sangat terkesan dan mereka siap datang lagi tahun dengan dengan mengundang grup lebih banyak karena penyambutan dari Pemkot dan masyarakat yang luar biasa.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016