Denpasar (ANTARA News) - Komando Daerah Militer IX/Udayana menggelar program "Sehari Bersama TNI" (Sehati) menyambut Hari Ulang Tahun ke-71 Tentara Nasional Indonesia, 5 Oktober 2016.

"Program Sehati akan kami lakukan dalam kaitan menyongsong HUT TNI, kami adakan di tiga tempat di Bali, Lombok dan Kupang," kata Panglima Kodam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko, usai menggelar temu wirasa (silaturahmi) bersama awak media di markas setempat, di Denpasar, Jumat.

Saat memberi keterangan itu, dia didampingi Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana, Kolonel Infantri Hotman Hutahaean, yang menjadi tuan rumah temu wirasa itu. Dia juga menggagas kunjungan media massa di Bali ke kesatuan-kesatuan Kodam IX/Udayana di sana.

Menurut jenderal berbintang dua itu, dalam program tersebut masing-masing peserta berjumlah sekitar 300 orang dari siswa setingkat SMA/SMK dari wilayah provinsi masing-masing.

Dia menjelaskan bahwa para pelajar itu akan tinggal sehari selama 1X24 jam bersama prajurit di satuan operasional Kodam IX/Udayana dan mengikuti ritme kehidupan para prajurit TNI AD setempat. 

"Selain itu, juga kami akan melakukan penanaman nilai-nilai tentag semangat juang, disiplin, kerja sama, gotong-royong dan persatuan agar mereka mampu membangun Indonesia dengan semangat itu," imbuh jenderal bintang dua itu.

Program tersebut juga tidak bisa dilepaskan dari program bela negara kepada generasi muda namun dikemas dengan nuansa penuh hiburan.

Sebelumnya Kodam IX/Udayana juga menggelar program "Merah Putih" yang intinya memberikan program mengajar di sejumlah sekolah di kawasan Bali dan Nusa Tenggara dengan jumlah peserta mendekati 300.000 siswa. 

Program tersebut digelar selama sebulan penuh 1-31 Agustus menyambut HUT ke-71 Indonesia. 

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016