Pariaman (ANTARA News) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menyampaikan rasa belangsungkawa atas meninggalnya Kepala Biro LKBN Antara Bali, I Made Tinggal Karyawan di Rumah Sakit Sanglah Bali pukul 06.30 WITA.

Ketua PWI Pariaman, Ikhlas Bakri di Pariaman, Rabu, mengatakan cukup mengenal sosok I Made Tinggal Karyawan semasa bertugas sebagai wartawan di wilayah Sumbar.

"Keluarga besar PWI Pariaman turut berduka cita atas meninggalnya salah seorang jurnalis hebat, berbakat, berpengetahuan luas dan cerdas," tambah dia.

Ia menerangkan semasa hidupnya, I Made Tinggal Karyawan pernah mengabdikan diri di Sumbar sekitar tahun 1996 hingga 2004.

Pada masa itu, sebutnya para wartawan senior sangat menghargai dan mengenal sosok I Made Tinggal Karyawan karena memiliki kepribadian dan rasa toleransi beragama yang baik.

"Secara pribadi saya tidak begitu dekat, namun dia memang dikenal memiliki toleransi beragama yang baik. Sebagai contoh, I Made merupakan seorang pemeluk agama Hindu, namun ia juga tidak jarang mengingatkan wartawan muslim untuk menjalankan kewajiban shalat," jelasnya.

Ucapan rasa belangsungkawa juga disampaikan oleh salah seorang wartawan senior Harian Singgalang, Darmansyah Darwis menyebutkan sosok I Made Tinggal Karyawan merupakan sahabat sekaligus rekan kerja yang profesional.

"Sekitar periode 1998 hingga 2004 kami sering meliput berbagai kegiatan di Kota Padang," kata dia.

Darmansyah menilai contoh sikap, keteladanan, dan kepribadian sosok I Made Tinggal Karyawan harus dicontoh oleh para jurnalis muda saat ini dalam mengabdikan diri sebagai insan pers.

I Made tinggal Karyawan wafat pada usia 51 tahun di Rumah Sakit Sanglah Bali akibat penyakit kanker hati yang dideritanya.

Sebelum menjadi Kepala Biro LKBN Antara Bali, I Made Tinggal Karyawan terlebih dahulu menjabat Kepala Biro LKBN Antara Bangka Belitung dan pernah bertugas sebagai wartawan di LKBN Antara Biro Sumbar.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016