Namun, satu orang meninggal dunia, akhirnya isterinya mengundurkan diri."
Timika (ANTARA News) - Sebanyak 116 jamaah calon haji asal Kabupaten Mimika, Provinsi Papua,  diberangkatkan ke Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan, untuk meneruskan perjalanan menuju Tanah Suci.

Kepala Kantor Kementerian Agama Mimika Utler Adrianus di Timika, Minggu, mengatakan bahwa pemberangkatan jamaah calon haji itu dibagi dalam dua gelombang, dan gelombang pertama telah berangkat pada Sabtu (13/8).

Selanjutnya, menurut dia, gelombang kedua akan berangkat ke Makassar pada 19 Agustus 2016, dan semua calon haji itu harus sudah masuk Asrama Haji Makassar pada 20 Agustus 2016.

"Jumlah umat muslim Kabupaten Mimika yang menunaikan ibadah haji dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tahun ini sebetulnya ada 118 orang yang berangkat menunaikan ibadah haji. Namun, satu orang meninggal dunia, akhirnya isterinya mengundurkan diri," kata Utler.

Sesuai data Kemenag Mimika, masih terdapat 3.158 orang dari Kabupaten Mimika yang masuk daftar tunggu untuk dapat menunaikan ibadah haji pada tahun-tahun berikutnya.

Calon haji tertua dari Mimika, yaitu Ladu berusia 72 tahun, sedangkan calon haji termuda bernama Sarmina binti Anwar berumur 19 tahun.

Jamaah calon haji Mimika pada Sabtu kemarin (13/8) secara resmi diberangkatkan oleh Wakil Bupati Mimika Yohanis Bassang.

Bassang meminta para calon haji menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.

"Jaga kesehatan, jaga etika dan nama baik daerah dan bangsa-negara kita," ujarnya menambahkan.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016