Tangerang (ANTARA News) - Aplikasi mobile sosial marketplace, Shopee, mengalokasikan Rp100 miliar untuk mendorong lebih banyak anak muda Indonesia menjadi pengusaha, terutama dalam sektor industri kreatif.

"Dengan investasi Rp100 miliar ini, kami meluncurkan Young Entrepreneur Program sebagai komitmen jangka panjang mendukung pengusaha muda di Indonesia dengan mengembangkan bisnis secara online," kata CEO Shopee, Chris, di area Indonesia E-Commerce Summit and Expo di Tangerang, Rabu.

Ia mengatakan, hal ini merupakan salah satu upaya mengatasi tiga permasalahan utama bagi pengusaha muda memulai bisnis mereka, yaitu pengetahuan tentang bisnis, teknologi dan finansial.

"Kami mempersiapkan program dukungan yang mencakup dukungan dengan teknologi platform Shopee, pengembangan keterampilan mengenai e-commerce dan dukungan finansial berupa modal usaha," kata Chris.

Ia mengungkapkan, inisiatif ini juga tidak terlepas dari fakta bahwa dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, jumlah pengusaha kurang dari 2 persen hingga 2015. Dari angka ini, hanya 0,8 persen pengusaha yang berusia di bawah 40 tahun.

Padahal, lanjut Chris, anak muda lebih aktif melahirkan ide-ide bisnis kreatif terutama dalam beberapa subsektor industri kreatif seperti pakaian, kuliner, kerajinan dan seni rupa.

Salah satu program yang sudah dilakukan Shopee untuk menjaring pengusaha muda adalah Shopee Campus Competition yang digelar di 89 universitas di seluruh Indonesia.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016