Ketika bersama dia di timnas Belanda, kami menjalin banyak dialog."
Amsterdam (ANTARA News) - Jika belum ada Ryan Giggs, maka bukan tidak mungkin Patrick Kluivert akan bekerja di Manchester United (MU) sekarang ini. Salah satu striker legendaris yang dimiliki Belanda itu kini berkomentar mengenai krisis yang menimpa Louis Van Gaal di Old Trafford.

Kluivert, yang berkongsi dengan Van Gaal membesut timnas Belanda, belakangan ini banyak disebut oleh kalangan media Negeri Kincir Angin agar berperan di Manchester United, sebagaimana dikutip dari laman Sport Witness.

Keberadaan Giggs di MU begitu penting bagi tim. Ini artinya, Kluivert memang tidak pernah bekerja bersama dengan Van Gaal di Inggris.

Dalam wawancara dengan badan sepak bola dunia (FIFA), Kluivert ditanya berkaitan dengan krisis yang dihadapi Van Gaal ketika membesut MU.

Menjawab pertanyaan mengenai kemungkinan ia berkongsi dengan Van Gaal dalam menangani MU, Kluivert menjelaskan, "Saya tahu bahwa Louis benar-benar mampu. Ia pelatih yang tahu betul cara memotivasi para pemain muda agar penampilan tim makin berkualitas."

Ia menimpali, "Ketika bersama dia di timnas Belanda, kami menjalin banyak dialog. Para pemain menyumbang saran dalam filosofi bermain yang sama. Situasinya berbeda, karena ketika membesut tim besar maka di sana berhimpun sejumlah pemain yang berasal dari negara yang berbeda.

Selain itu, ia menyatakan, "Saya pikir ia perlu tahu sedikit juga mengenai hal ini, agar semua pihak memperoleh hasil terbaik."

Ia mengatakan, "Melatih di klub sebesar itu, orang cepat-cepat ingin memperoleh hasil, padahal hal itu tidak mudah juga. United kini berada di peringkat kelima klasemen, dan pelatih merupakan orang yang pertama dituding bertanggungjawab."

"Saya beranggapan bahwa dia (Van Gaal) pelatih yang berkualitas dan saya berharap dia dapat mengatasi situasi," demikian Kluivert.

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016