Semua ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan"
Mukomuko (ANTARA News) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengingatkan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang memperoleh suara terbanyak berdasarkan hasil rekapitulasi sementara KPU setempat tidak merayakan kemenangannya secara berlebihan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Mukomuko Sujarwanto, di Mukomuko, Sabtu, meminta pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati yang memperoleha suara terbanyak menghormati tahapan dan proses rekapitulasi KPU setempat sampai selesai.

"Semua ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Ia mengatakan, tidak ingin perayaan yang berlebihan justru dapat berdampak negatif, sehingga membuat situasi menjadi tidak kondusif dan aman.

Ia menyatakan, bersyukur karena penyelenggaraan Pilkada di kabupaten itu dapat terlaksana dengan kondusif dan aman.

Semua ini, lanjutnya, tidak terlepas dari peran serta masyarakat untuk saling menjaga situasi di daerah itu tetap kondusif dan aman.

Meskipun, katanya, angka partisipasi pemilih pada Pilkada tahun ini menurun dibandingkan Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif yang hanya sekitar 70 persen.

Untuk mengetahui angka partisipasi pemilih Pilkad itu, katanya, setelah pleno KPU setempat. Sekaligus menetapkan paslon yang menjadi bupati dan wakil bupati.

Selain itu, lanjutnya, rendahnya partisipasi pemilih ini menjadi bahan evaluasi semua pihak termasuk KPU setempat sebagai penyelenggara Pilkada tahun ini.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015