Frankfurt (ANTARA News) - Badan Penerbit dan Publikasi Universitas Gajah Mada (UGM) Press Yogyakarta menjalin kerja sama dengan Springer Nature yang akan menerbitkan edisi bahasa Inggris dari pilihan judul dalam daftar penerbit tersebut.

Acara penandatangan kesepakatan kerja sama co-publishing tersebut dilakukan oleh Kepala Badan Penerbit dan Publikasi UGM Press M Agung Bramantya dengan Dr Heinz Weinheimer, Managing Director, Springer Research Group di Springer Nature di gedung pameran Frankfurt Book Fair 2015, Jumat (16) sore waktu setempat.

Acara penandatanganan itu disaksikan Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Lucya Andam Dewi di sela-sela penyelenggaraan pameran Frankfurt Book Fair di mana Indonesia menjadi "guest of honour" atau tamu kehormatan.

Perjanjian co-publishing baru meliputi literatur tentang budaya tradisional, etnografi, hukum Islam, konflik modern, dampak sosiologis urbanisasi dan kehutanan, yang merupakan isu penting Indonesia dari kepentingan global.

Muhammad Agung Bramantya menyebutkan kerja sama antara UGM Press dan Springer Nature akan membantu meningkatkan pemahaman sarjana internasional Indonesia serta bekerja sama dalam membuat dialog dan kolaborasi antara akademisi internasional dan Indonesia.

Dikatakannya keikutsertaan UGM Press dalam Frankfurt Book Fair 2015 merupakan langkah yang sangat strategis bahkan dengan adanya jalinan kerja sama merupakan loncatan cerdas dari penerbit universitas dalam rangka membuka cakrawala penerbitan internasional.

Teknologi informasi, komunikasi, dan digital adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Oleh karena itu, globalisasi tidak dapat dihindari, untuk itu UGM Press sebagai penerbit universitas harus selalu bersiap untuk menghadapinya, ujarnya.

Sementara itu Heinz Weinheimer mengatakan penelitian Ilmiah dan output berkembang di Indonesia. Springer Nature menyatakan kegembiraannya dapat bermitra dengan memimpin penerbit akademis Indonesia untuk berbagi wawasan dengan sarjana Indonesia serta masyarakat akademik global.

"Kami yakin hal ini adalah langkah pertama dalam perjalanan panjang dan berbuah kolaborasi," ujar Heinz Weinheimer.

Selain itu New Springer Nature juga menjalin perjanjian co-publishing dengan Yayasan Pustaka Obor Indonesia yang dilakukan Managing Director, Springer Research Group di Springer Nature, Dr Heinz Weinheimer dengan CEO Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kartini Nurdin mengatakan melalui aliansi ini Yayasan Obor sangat senang untuk membawa karya penulis ke khalayak luas melalui Springer eBook dan SpringerLink.

Springer Nature merupakan lembaga riset terkemuka global, penerbit pendidikan dan profesional yang dipercaya dalam menyediakan konten berkualitas melalui berbagai produk dan layanan yang inovatif.

Springer Nature merupakan penggabungan Nature Publishing Group, Palgrave Macmillan, Macmillan Pendidikan dan Springer Science + Business Media menerbit buku akademik, jurnal yang berdampak luas dan pelopor dalam bidang penelitian terbuka yang memiliki 13.000 staf di 50 negara dan memiliki omset sekitar 1,5 miliar Euro.

Kegiatan Frankfurt Book Fair pameran buku dan media terbesar di dunia, dengan sekitar 7.300 peserta dari sekitar 100 negara dari 33 delegasi mewakili Indonesia, UGM Press adalah satu-satunya delegasi yang mewakili Penerbit Palgrive.

Pewarta: Zeynita G/Zita
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015