Bekasi (ANTARA News) - Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Patriot Kota Bekasi, Jawa Barat, menyiagakan tiga truk tangki air bersih untuk didistribusikan ke kawasan kekeringan selama kemarau 2015.

"Truk tersebut kita siagakan untuk mengantisipasi adanya permintaan distribusi bantuan air bersih di kawasan yang kekeringan," kata Direktur Utama PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi Tubagus Hendy Irawan di Bekasi, Kamis.

Menurutnya, upaya tersebut merupakan instruksi dari Pemkot Bekasi agar PDAM ikut terlibat dalam upaya penanggulangan kekeringan yang mulai melanda sejumlah kawasan di Indonesia.

"Kami dari pusat sudah diberikan edaran agar menyediakan kebutuhan air bersih bagi wilayah Kota Bekasi yang membutuhkannya," katanya.

Dikatakan Hendy, pihaknya akan mengirimkan kebutuhan air kepada wilayah yang sudah meminta bantuan ketersediaan air bersih melalui lurah setempat.

Hal itu dilakukan agar proses bantuan air tepat sasaran kepada wilayah yang membutuhkannya.

"Sampai dengan saat ini belum ada satu wilayah pun di Kota Bekasi yang mengirimkan surat terkait permohonan bantuan ketersediaan air minum bersih di wilayahnya," katanya.

Sementara itu data melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi menyebutkan ada dua Kecamatan yang dinyatakan terancam mengalami kekeringan, yaitu Kecamatan Mustikajaya dan Kecamatan Bekasi Utara.

"Sejauh ini belum ada koordinasi dari BPBD dengan PDAM Tirta Patriot. Kami selalu siap memberikan bantuan," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015