AsiaNet 60724

TOKYO, 2 Juni 2015 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) --

Nippon Foundation, pada 2 Juni 2015, mengumumkan peluncuran Nippon Foundation Paralympic Support Center, yang akan mendukung pergelaran Paralimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo. Kesuksesan perhelatan Olimpiade Musim Panas 2020 tak akan optimal tanpa adanya pergelaran Paralimpiade. Nippon Foundation akan menggelontorkan 10 miliar yen untuk mempromosikan Gerakan Paralimpiade - aktivitas untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap event Paralimpiade yang dicanangkan oleh Komite Paralimpiade Jepang (JPC), Federasi Olahraga Difabel Nasional (NFs), dan para atlet difabel.

Berikut adalah jajaran pimpinan Support Center ini; Ketua, Yasushi Yamawaki, Presiden JPC; Penasihat Utama, Yoshiro Mori, Presiden Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020; Konsultan Support Center, Mitsunori Torihara, Ketua JPC; dan Yohei Sasakawa, Ketua Nippon Foundation dan Yoichi Masuzoe, Gubernur Tokyo ditunjuk sebagai Dewan Penasihat Khusus. Support Center ini akan diisi oleh tim penasihat kredibel yang sepenuhnya berkebangsaan Jepang untuk menyukseskan perhelatan Paralimpiade.

Awalnya, olahraga untuk kaum difabel dikelola oleh Kementerian Kesehatan, Buruh, dan Kesejahteraan. Namun mulai 2014, yurisdiksinya dipegang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains, dan Teknologi (MEXT), yang juga mengelola olahraga umum, dan mendanai JPC dan JOC. Penguatan fondasi organisasi NFs, yang memungkinkan organisasi ini mendapatkan pendanaan langsung untuk seluruh aktivitasnya, adalah salah satu isu utama yang harus diselesaikan oleh pemerintah Jepang. Support Center ini akan menyediakan kantor untuk NFs selama perhelatan Olimpiade dan memberikan beragam layanan di dalam mendukung manajemen dan tata kelola NFs.

Selain itu, Support Center ini juga akan menjadi lanskap yang komprehensif dimana para atlet difabel dapat mengasah kemampuan olahraga mereka, untuk melatih para sukarelawan Paralimpiade, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan event Paralimpiade, untuk mengembangkan berbagai riset akademi, dan untuk mendukung olahraga untuk kaum difabel di negara-negara berkembang lainnya.

Di event peresmian Support Center yang dihadiri oleh Presiden Mori, Menteri MEXT Hakubun Shimomura, dan Gubernur Masuzoe, Mr. Yamawaki juga mengumumkan agenda aktivitas Support Center.

Support Center ini akan menjadi bagian yang integral di dalam aktivitas promosi Gerakan Paralimpiade, yang notabene akan sangat penting bagi kesuksesan Olimpiade Tokyo 2020. Event Paralimpiade 2020 di Tokyo akan sepenuhnya mengubah persepsi dan stigma masyarakat terhadap kaum difabel dan akan menjadi gerbang untuk mewujudkan kesetaraan dan inklusivitas kaum difabel di tengah-tengah masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut:
http://www.nippon-foundation.or.jp/en/what/projects/paralympic/


SUMBER: Nippon Foundation

Kontak:
Natsuko Tominaga
PR Department
The Nippon Foundation
+81-3-6229-5131
pr@ps.nippon-foundation.or.jp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015