Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan Koalisi Merah Putih (KMP) sepakat mengusung kader Partai Golkar untuk menjadi Ketua DPR RI pada paket pimpinan DPR RI.

"Sedangkan kader dari empat partai anggota KMP lainnya akan diusung untuk menempati posisi Wakil Ketua DPR RI. Ada usulan seperti itu sesuai dengan komposisi perolehan kursi di DPR RI," kata Fadli Zon
di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut Fadli, pimpinan partai anggota koalisi akan membahas figur yang akan diusung untuk mengisi posisi Ketua dan Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019.

Pimpinan dari partai anggota koalisi akan memutuskan kader untuk menduduki paket pimpinan DPR RI.

Fadlienggan menyebutkan nama-nama kader partai yang akan diusung KPM itu, namun rumor yang beredar di DPR menyebutkan bahwa KMP akan mengusung Setya Novanto (Golkar) untuk Ketua DPR, dengan para calon wakil ketua Fadli Zon (Gerindra), Zukkifli Hasan (PAN), Fahri Hamzah (PKS) dan Hasyrul Azwar (PPP).

Fadli menyatakan, Fraksi Partai Gerindra dan fraksi lainnya di KMP akan mendorong proses pemilihan pimpinan DPR RI dipercepat menjadi malam ini.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono mengatakan, Golkar mengusung Setya Novanto untuk Ketua DPR RI periode 2014-2019, sedangkan ntuk pimpinan MPR, Golkar akan mengusung Mahyudin sebagai salah satu wakil ketua MPR RI periode 22014-2019.


Pewarta: Riza Harahap
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014