Jakarta (ANTARA News) - Anggota MPR RI, DPR RI dan DPD RI terpilih dilantik secara resmi untuk menduduki jabatannya untuk periode 2014-2015 di Gedung Nusantara Paripurna MPR/DPR/DPD di Jakarta, Rabu singa.

Anggota DPR, DPD dan MPR RI mengucapkan sumpah dan janji dalam Rapat Paripurna Pertama DPR dan DPD dengan dipandu Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Pada Rapat Paripurna Pertama DPR, anggota DPR RI tertua Popong Otje Djundjunan (76th) menjadi pemimpin sementara didampingi anggota termuda Ade Rezki Pratama.

Popong adalah politisi perempuan dari Partai Golkar  dari Dapil I Jawa Barat dan lahir di Bandung pada 30 Desember 1938, sedangkan Ade Rezki lahir di Bukittinggi, 8 November 1988 dan berasal dari Partai Gerindra dari Dapil Sumatera Barat II.

Sementara Rapat Paripurna Pertama DPD RI sementara dipimpin anggota termuda Riri Damayanti dan di dampingi H. Mudaffar Sjah.

Riri lahir di Bengkulu 4 Februari 1990 dan berasal dari Dapil Provinsi Bengkulu, sedangkan Mudaffar lahir di Ternate 13 April 1935 dari Dapil Provinsi Maluku Utara.

Sidang paripurna pertama MPR sendiri (gabungan anggota DPR dan DPD) dipimpin anggota temuda DPR Ade Rezki Pratama dan anggota tertua DPD H. Mudaffar Sjah.

Sejumlah menteri yang mengundurkan diri dan memilih menjadi anggota DPR periode 2014-2019 hadir dalam pelantikan ini, antara lain  EE Mangindaan, mantan menteri perhubungan dari Partai Demokrat dan Muhaimin Iskandar, mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi, dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Pengucapan janji dan sumpah itu juga dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Presiden Terpilih Joko Widodo, Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla, dan pimpinan partai politik, dan para duta besar negara sahabat.






Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014